Profil Gibran Rakabuming Raka, Putra Joko Widodo yang Digadang Jadi Cawapres Prabowo

Profil Gibran Rakabuming Raka, Putra Joko Widodo yang Digadang Jadi Cawapres Prabowo

Selasa, 17 Oktober 2023 – 13:00 WIB

VIVA Nasional – Nama putra Joko Widodo yakni Gibran Rakabuming Raka baru-baru ini menyita perhatian publik. Hal tersebut tak lepas dari sosoknya yang digadang-gadang bakal menjadi calon wakil presin alias cawapres dari Prabowo Subianto.

Baca Juga :

Golkar Buka Suara soal Rumor Bergabungnya Gibran

Bermula dari beredarnya nama suami Selvi Ananda di media sosial yang diduga bakal menjadi kandidat kuat cawapres calon presiden Prabowo Subianto. Dari situlah nama Gibran Rakabuming Raka kian menuai sorotan hingga warganet di media sosial semakin dibuat penasaran dengan sosok kakak kandung Kaesang Pangarep tersebut. 

Tak heran jika banyak yang dibuat bertanya-tanya dengan profil hingga latar belakang Gibran Rakabuming Raka. Lantas, siapakah sosok Gibran Rakabuming Raka yang tidak kita ketahui? Scroll berikut ini untuk baca artikel selengkapnya.

Baca Juga :

5 Prestasi Gibran Rakabuming, Anak Jokowi yang Masuk Bursa Cawapres

Sosok Gibran Rakabuming Raka

Baca Juga :

Soal Persiapan Pendaftaran Capres ke KPU, Anies: Kalau Diumumin Sekarang Enggak Seru

Seperti diketahui, Gibran Rakabuming Raka merupakan anak dari pasangan presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana sekaligus Wali Kota Solo yang dilantik sejak 26 Februari 2021 lalu. Gibran Rakabuming Raka sendiri merupakan seorang politisi yang menjabat sebagai Wali Kota Surakarta.  

Suami Selvi Ananda ini lahir pada 1 Oktober 1987 di Surakarta dari pasangan Joko Widodo dan Iriana. Gibran merupakan anak sulung dengan memiliki dua seorang adik. Yang mana mereka adalah Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Tidak hanya berprofesi sebagai seorang politisi, Gibran juga dikenal sebagai pengusaha sukses di usianya sekarang. Beberapa bisnis yang ditekuninya seperti kuliner, game, hingga jas hujan. Namun ada salah satu bisnis yang paling terkenal milik Gibran adalah startup bernama Goola pada tahun 2019.

Baca Juga  Strategi Pemasaran Berbasis Data Di Lubuk Pakam Terbongkar

Pendidikan Gibran Rakabuming Raka

Bukan sembarang, latar belakang pendidikan Gibran Rakabuming Raka bisa dipastikan sangat mentereng. Dimana menurut beberapa sumber, putra Joko Widodo itu berhasil menempuh pendidikan jenjang sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di Sukarta sebelum dirinya memutuskan untuk pindah ke Australia untuk melanjutkan pendidikannya ke sekolah setingkat SMA di Orchid Park Secondary School.

Setelah itu pada 2007, Gibran akhirnya dinyatakan lulus dari Management Development Institute of Singapore (MDIS). Kemudian, dirinya langsung melanjutkan studinya ke program Insearch di University of Technology Sydney (UTS Insearch), Sydney, Australia.

Karier Gibran Rakabuming Raka

Mungkin tak banyak yang tahu, jika putra sulung Joko Widodo ini yakni Gibran Rakabuming Raka memulai kariernya sebagai pengusaha. Di mana pada saat itu awalnya dirinya membuka usaha katering yang diberi nama Chilli Pari dan mendirikan brand kuliner martabak bernama Markobar.

Lebih lanjut 2018, Gibran membuat sebuah aplikasi pencari pekerja lepas dan paruh waktu yang bernama Kerjaholic. Bersama Kaesang Pangarep, Gibran akhirnya memutuskan untuk mendirikan restoran yang diberi nama Mangkokku. Namun kemudian pada 2020, Gibran Rakabuming Raka memulai terjun ke dunia politik dengan mengikuti Pilkada. 

Kehidupan Pribadi Gibran Rakabuming Raka

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Gibran Rakabuming Raka resmi menikah dengan istrinya  Selvi Ananda pada 11 Juni 2015. Seperti diketahui, Selvi merupakan mantan Putri Solo yang telah menjalin hubungan selama beberapa tahun dengan putra sulung Joko Widodo tersebut.

Dari hasil pernikahannya dengan Selvi, Gibran melahirkan seorang anak laki-laki bernama Jan Ethes Srinarendra pada 10 Maret 2016. Dan kemudian, anak kedua yang berjenis kelamin perempuan lahir pada 15 November 2019 dan diberi nama La Lembah Manah.

Baca Juga  Indonesia Masuk Musim Pemilu, Jangan Abai Deepfake

Akhir-akhir Ini Gibran Ramai Diperbincangkan

Nama Gibran Rakabuming Raka baru-baru ini menuai sorotan publik hingga ramai diperbincangkan di media sosial. Hal tersebut seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dirinya digadang akan menjadi pasangan Prabowo Subianto di Pemilu 2024 sebagai wakil presiden.

Kandidat Cawapres Prabowo Subianto

Baru-baru ini nama Gibran disebut-sebut akan menjadi cawapres Prabowo Subianto, capres dari partai Gerindra. Hal tersebut bermula saat Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan gugatan terkait syarat batas usia minimal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres). Di mana MK memperbolehkan capres dan cawapres yang belum berusia 40 tahun ikut pemilihan, asalkan pernah menjabat sebagai kepala daerah.

Biodata Gibran Rakabuming

Nama Lengkap: Gibran Rakabuming Raka
Alias: Gibran Rakabuming
Agama: Islam
Tempat Lahir: Solo
Tanggal Lahir: 1 Oktober 1987
Warga Negara: Indonesia
Ayah: Joko Widodo
Ibu: Iriana
Istri: Selvi Ananda Putri
Anak: Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah
Saudara: Kahiyang Ayu, Kaesang Pangarep

Halaman Selanjutnya

Source : VIVA/Fajar Sodiq.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *