Menuju Negara Maju, Indonesia Dinilai Butuh Sosok Pemimpin yang Paham Ekonomi

Menuju Negara Maju, Indonesia Dinilai Butuh Sosok Pemimpin yang Paham Ekonomi

Sabtu, 14 Oktober 2023 – 00:40 WIB

Jakarta – Jakarta – Ketua Umum PB HMI 2013-2015, Arief Rosyid Hasan menegaskan, Erick Thohir merupakan figur yang representatif sebagai bakal calon wakil presiden (Bacawapres). Arief menyampaikan ini pada dialog yang bertajuk ‘Menakar Elektabilitas Cawapres 2024’.

Baca Juga :

Isu Negatif Ketua KPK Dinilai jadi Salah Satu Pemicu Persepsi Penegakan Hukum Buruk

Pernyataan Arief juga dikonfirmasi oleh narasumber lainnya, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi. Berdasarkan survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia, Erick Thohir konsisten menempati posisi atas dalam survei bacawapres di setiap wilayah. 

Menteri BUMN RI, Erick Thohir

Menteri BUMN RI, Erick Thohir

Baca Juga :

Timnas Indonesia Tancap Gas Persiapan, Tak Sabar Ingin Hajar Brunei Lagi

Hasil survei Erick berbeda dengan kandidat lainnya seperti Ridwan Kamil, yang hanya kuat di wilayah Banten & Jawa Barat, serta Khofifah Indar Parawansa di Jawa Timur. Dukungan untuk Erick datang dari berbagai daerah di Indonesia. 

Hanya Sandiaga Uno yang punya kecenderungan yang sama dengan Erick. Namun, berdasarkan angka elektabilitas di tingkat nasional, Erick berada jauh di atas kandidat lainnya. 

Baca Juga :

Pacu Pertumbuhan UMKM, Bank Mandiri Injak Gas Penyaluran KUR

Menurutnya, Jawa Timur saat ini menjadi daerah yang sangat berpengaruh untuk diperebutkan oleh pasangan capres-cawapres. Dalam konteks ini, Erick masih berada pada posisi pertama diikuti oleh Khofifah.

Sementara, Mahfud MD dan Muhaimin Iskandar yang sebelumnya diunggulkan, justru melorot dan hanya mendulang sebagian kecil suara (20,1%) di Jawa Timur. Meskipun terbilang baru Erick Thohir terbukti mampu merebut kepercayaan warga NU di Jawa Timur.  

“Saya melihat Erick Thohir sebagai kandidat cawapres paket lengkap dan bertangan dingin. Apapun yang dikerjakan beliau pasti berhasil,” kata Arief dalam keterangannya di Jakarta, Jumat  

Baca Juga  Debat Ketiga, TKN Pastikan Prabowo Tak Serang Capres Lain Meski Kuasai Isu Pertahanan

Arief menambahkan, Erick adalah sosok pengusaha yang mengerti ekonomi, profesional, bersih, berkomitmen untuk pencapaian-pencapain strategis.

“Memiliki kemampuan manajerial yang baik dan mendorong kemaslahatan yang jauh lebih konkret dibanding figur pemimpin Muslim lainnya,” ujar Arief

Menurut Arief, popularitas pada survei juga tak lepas dari kontribusi Erick dalam membenahi PSSI. Kepiawaiannya ketika memimpin federasi tersebut berdampak pada peningkatan kepercayaan masyarakat dan elektabilitasnya pun semakin meroket. 

“Pak Erick memperlakukan suporter dengan manusiawi. Apabila berkunjung ke suatu daerah, beliau pasti menyempatkan waktu untuk berinteraksi dengan teman-teman supporter. Supporter dianggap sebagai bagian dari agenda transformasi sepak bola.” tambah Arief

Selaras dengan Arief, Burhan juga melihat tren kenaikan elektabilitas Erick Thohir mengalami lonjakan yang signifikan ketika ia menjadi ketua umum PSSI. Hal ini disebabkan oleh keberhasilan Indonesia membawa medali emas di SEA Games 2023 lalu dan sejumlah pencapaian lainnya, termasuk mendatangkan juara piala dunia Argentina. 

“Prestasi Erick Thohir dalam meningkatkan kualitas sepakbola Indonesia memberikan dampak instan bagi elektabilitasnya,” tukas Burhan. 

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi.

Arief menyimpulkan, figur seperti Erick inilah yang dibutuhkan oleh Indonesia. Selain profesional, humanis, dan representatif ia juga merupakan bagian dari segelintir orang yang mampu deliver terhadap agenda-agenda ekonomi di masa depan. 

“Tantangan ke depan bagi Indonesia adalah masalah ekonomi. Sejak 2012 puncaknya 2035-2038, Indonesia peroleh bonus demografi atau surplus usia produktif,” ujarnya

Dia mengatakan, mimpi menjadi Indonesia Maju oleh Presiden Jokowi hanya bisa terwujud kalau ekonomi tumbuh 7% tiap tahun. Dan yang punya kapabilitas kalau Wakil Presidennya Erick Thohir yang mengerti dan terbukti bisa mengeksekusi masalah-masalah ekonomi. 

Baca Juga  Tyronne del Pino Siap Merumput Kembali Bersama Persib Bandung, Bagaimana Nasib Levy Madinda?

“Begitupun jika melihat ceruk pemilih, sebanyak 52% menurut data KPU adalah pemilih muda. Oleh karenanya, Erick Thohir adalah figur yang akan menentukan kemenangan Pilpres 2024.” tutupnya

Halaman Selanjutnya

“Saya melihat Erick Thohir sebagai kandidat cawapres paket lengkap dan bertangan dingin. Apapun yang dikerjakan beliau pasti berhasil,” kata Arief dalam keterangannya di Jakarta, Jumat  

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *