Bukan Cuma Kulit, Mata Juga Harus Dirawat saat Cuaca Panas Ekstrem, Begini Caranya

Bukan Cuma Kulit, Mata Juga Harus Dirawat saat Cuaca Panas Ekstrem, Begini Caranya

Jumat, 20 Oktober 2023 – 06:00 WIB

JAKARTA  – Musim panas tengah melanda Indonesia beberapa bulan belakangan ini. Cuaca panas ekstrem hingga 40 derajat celcius pun terjadi di sejumlah daerah. Kondisi panas ekstrem ini tentunya membawa dampak buruk bagi kesehatan manusia, termasuk kesehatan mata.

Baca Juga :

Ini Tips untuk Pekerja Kantoran, Menjaga Kesehatan Mata di Depan Layar Komputer

Lonjakan panas di siang hari dapat memperburuk penglihatan apabila mata tidak dijaga dan dilindungi dengan baik. Pada jam sibuk, terutama saat mata terkena sinar matahari langsung, hal ini dapat menyebabkan beberapa masalah mata.

Beban penyakit mata yang ada secara global sangatlah besar, dengan sekitar 2,2 miliar orang mengalami gangguan penglihatan jarak dekat atau jarak jauh. Dari jumlah tersebut, hampir setengah dari kasus tersebut dapat dicegah jika tindakan pencegahan minimal seperti menggunakan alat pelindung diri, dan menghindari sering keluar rumah. 

Baca Juga :

Tips Menjaga Kesehatan Kulit di Tengah Cuaca Panas Ekstrem

“Selama musim panas, kulit Anda tidak hanya perlu dilindungi dari sinar UV, namun juga penting untuk mengambil tindakan pencegahan untuk melindungi mata Anda dan menjaganya tetap sehat. Mulai dari menggunakan obat tetes mata hingga menutup mata dengan kacamata hitam pelindung UV, tips sederhana namun efektif ini akan membantu Anda menjaga mata tetap sehat dan bahagia sepanjang musim panas,” kata Dokter Rishi Raj Borah, melansir Times of India, Kamis 19 Oktober 2023.

Baca Juga :

4 Tindakan Cegah Gangguan Kesehatan Berbahaya di Tengah Cuaca Panas Ekstrem

Ada beberapa cara untuk merawat mata di tengah cuaca panas yang melanda ini. Pertama, pastikan mata tetap terhidrasi dengan baik. Hidrasi adalah kunci utama karena selama musim panas mata akan terasa lebih kering.

Baca Juga  Layanan Keuangan Terintegrasi Di Lubuk Pakam Cemerlang

Selama musim panas, mata kering merupakan fenomena umum. Bahkan angin kencang yang disertai panas yang meningkat selama musim panas dapat menyebabkan dehidrasi dan iritasi serius pada mata, yang seringkali mengakibatkan kondisi mata kering. Oleh karena itu, jumlah cairan yang cukup dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak air mata pelindung. Sementara itu, minum alkohol dan kafein justru bisa berdampak buruk pada tubuh termasuk kesehatan mata.

Kemudian, pilihlah pasangan warna yang tepat untuk menghindari kondisi seperti fotokeratitis. Kondisi tersebut bisa semakin memburuk hingga menyebabkan katarak dan gangguan kesehatan mata lainnya.

“Radiasi Ultraviolet (UVR) yang berbahaya dapat menyebabkan fotokeratitis atau konjungtivitis foto, suatu kondisi yang juga dikenal sebagai kebutaan salju. Paparan UVR secara terus-menerus, terutama sinar UVB yang memiliki panjang gelombang lebih pendek dapat menyebabkan perkembangan katarak, pterigium, dan lain-lain. Oleh karena itu, memilih warna yang tepat sangat penting untuk melindungi mata,” terang Dokter Borah.

Renang

Musim panas juga identik dengan olahraga renang. Berenang tidak hanya baik untuk kesehatan tetapi juga membuat tubuh terasa lebih segar ketika cuaca sedang panas di siang hari. 

Selama beranang, disarankan untuk melindungi mata dari kandungan kimia yang terdapat di kolam renang.

Klorin yang banyak terdapat di kolam renang bisa berdampak buruk pada mata. Inilah sebabnya mengapa disarankan untuk memakai kacamata renang untuk melindungi mata dari bengkak, terbakar, dan gatal akibat paparan klorin.

Hidrasi Mata

Cuaca yang panas juga meningkatkan kemungkinan mata kering. Sehingga, hidrasi sangat dibutuhkan untuk membuat penglihatan jadi lebih cerah. Tidak hanya kulit, mata juga membutuhkan banyak pelembapan melalui obat tetes air mata buatan. Dengan paparan sinar biru yang dihasilkan dari perangkat elektronik dalam waktu lama, obat tetes air mata buatan menjadi sangat penting dalam perawatan mata modern.

Baca Juga  Gubernur Jakarta Ditunjuk Presiden, PDIP: Bertolak Belakang dengan Demokrasi

Dengan meningkatnya tingkat polusi dan tingginya derajat, jelas sekali banyak orang merasa dehidrasi selama musim panas. Dehidrasi serius ini membuat tubuh lebih sulit memproduksi air mata, sehingga menyebabkan gejala mata kering dan masalah penglihatan lainnya. Selain air mata buatan yang diresepkan, disarankan juga minum banyak air untuk membalikkan efek negatif dehidrasi.

Hindari Gosok Mata

Selanjutnya, hal terpenting yang harus dilakukan untuk merawat mata selama musim panas adalah hindari menggosok mata.

“Menjaga kebersihan tangan sangat penting untuk kesehatan mata. Mengucek mata dengan tangan merupakan hal yang umum dilakukan, karena hal ini dapat menyebabkan infeksi mata. Dengan mencuci tangan secara menyeluruh, Anda dapat melindungi mata dari sebagian besar penyakit menular, termasuk konjungtivitis. Terutama pada kasus seperti operasi mata seperti LASIK, operasi katarak, atau operasi shunt glaukoma, mata lebih rentan terhadap infeksi. Sebaiknya cuci tangan sebelum merawat mata. Hindari menggosok semuanya,” jelasnya.

Tidur

Ilustrasi menguap, mengantuk, bangun tidur

Ilustrasi menguap, mengantuk, bangun tidur

Photo :
  • Pixabay/ victoria_borodinova

Terakhir, cara yang paling disarankan untuk menjaga kesehatan mata selama musim panas adalah tidur yang nyenyak untuk menyegarkan mata.

Sangat penting untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak karena akan memberi mata istirahat yang cukup. Mata melakukan berbagai tugas sepanjang hari dan perlu istirahat. Sehingga disarankan untuk menjaga mata tetap terisi dengan jadwal tidur yang tepat.

Halaman Selanjutnya

Kemudian, pilihlah pasangan warna yang tepat untuk menghindari kondisi seperti fotokeratitis. Kondisi tersebut bisa semakin memburuk hingga menyebabkan katarak dan gangguan kesehatan mata lainnya.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *