Aset Negara Jangan Dibiarkan Tidur, Harus Bekerja Keras!

Aset Negara Jangan Dibiarkan Tidur, Harus Bekerja Keras!

Rabu, 22 November 2023 – 15:23 WIB

Jakarta – Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati berharap, aset-aset yang dimiliki oleh negara tidak dibiarkan tidur begitu saja. Namun, aset-aset itu harus bisa dibuat bekerja keras, untuk memberikan manfaat bagi masyarakat dan perekonomian.

Baca Juga :

Sering Insomnia? Ini 5 Cara Ampuh Bagi Kamu yang Susah Tidur

Karenanya, menkeu pun mendorong agar para Kementerian/Lembaga (K/L), bisa mengelola dan memanfaatkan Barang Milik Negara (BMN) tersebut dengan optimal.

“Seharusnya aset itu tidak tidur. Tapi aset harus bekerja keras agar dia bisa memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat dan perekonomian,” kata Sri Mulyani di Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu, 22 November 2023.

Baca Juga :

Orang-orang di 10 Negara Ini Ternyata Tidak Suka Berhubungan Seks, Nomor 1 Tak Disangka

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati

Guna mendorong pemanfaatan dan optimalisasi BMN tersebut, Sri Mulyani pun menugaskan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) untuk mengukur kinerja dari masing-masing aset negara yang ada.

Baca Juga :

Erick Thohir Dipanggil Luhut ke Singapura, Ini yang Bakal Dibahas

“Kita harus melakukan edukasi dan sosialisasi mengenai pentingnya peranan aset negara, supaya kita bisa terus meningkatkan budaya menjaga aset milik negara ini,” ujar Menkeu.

Sri Mulyani menegaskan, aset-aset negara tersebut semestinya tidak hanya sekadar menjadi koleksi aset dalam neraca keuangan. Melainkan harus mampu menciptakan nilai tambah khususnya bagi perekonomian nasional.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

“Tapi juga harus menjadi aset yang mampu menciptakan nilai tambah dalam perekonomian,” kata dia.

Sri Mulyani juga ingin agar jumlah BMN yang diasuransikan bisa terus ditingkatkan. Hal itu guna mencegah kerugian negara, manakala terjadi bencana alam. Sebab, dalam posisi Indonesia yang rentan bencana alam akibat berada di kawasan cincin api, bencana alam merupakan salah satu ancaman bagi rusaknya aset-aset BMN tersebut.

Baca Juga  20 Kali Beraksi, Keluarga Komplotan Pencuri Motor Gunakan Pistol Mainan Ancam Korban

“Karena Indonesia adalah negara yang ada dalam ring of fire, jadi sering sekali terjadi bencana alam yang bisa merusak aset. Makanya, memproteksi aset melalui pengasuransian itu menjadi sangat penting,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya

Source : VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *