Api di Gunung Merbabu Padam, Ternyata Ini Penyebab Kebakarannya

Api di Gunung Merbabu Padam, Ternyata Ini Penyebab Kebakarannya

Senin, 30 Oktober 2023 – 16:30 WIB

Magelang – Pada Jumat, 27 Oktober 2023, hutan Gunung Merbabu mengalami kebakaran. Api meluas ke tiga wilayah, yakni Kabupaten Semarang, Magelang dan Boyolali.

Baca Juga :

Belum Padam, Pemkot Tangerang dan Masyarakat Gelar Salat Istisqa di TPA Rawa Kucing

Dikutip dari Antara, Senin, 30 Oktober 2023 sudah tidak ada kepulan asap dan api di Gunung Merbabu. Berdasarkan pengamatan Balai Taman Nasional Gunung Merbabu, sudah tidak mendeteksi titik api di gunung tersebut.

Gunung Merbabu kebakaran

Gunung Merbabu kebakaran

Photo :
  • (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/foc)

Baca Juga :

Terperangkap di Kandang Ayam yang Terbakar, Seorang Lansia di Mojokerto Tewas

Api padam setelah hujan mengguyur lereng Gunung Merbabu Minggu, 29 Oktober 2023 malam. Informasi yang dihimpun, hujan berlangsung sekitar 30 menit. Meski sudah padam, para relawan gabungan masih bersiaga munculnya bara api di kawasan hutan dan lahan lereng Merbabu yang sebelumnya terbakar.

Sebanyak 91 pengungsi kebakaran Gunung Merbabu yang berada di Balai Desa Batur Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang, sudah diperbolehkan pulang. Para pengungsi itu berada di Balai Desa Batur sejak Sabtu, 28 Oktober 2023.

Baca Juga :

Kebakaran Lahan di Gunung Merbabu Belum Bisa Dipadamkan

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari menyebut bahwa lahan Taman Nasional Gunung Merbabu yang terbakar hingga Minggu mencapai seluas 489,07 hektare. Sementara itu, informasi terbaru jika kebakaran meluas hingga menghanguskan 848,5 hektare.

Kebakaran Hutan di Lereng Gunung Merbabu Boyolali, Jawa Tengah

Kebakaran Hutan di Lereng Gunung Merbabu Boyolali, Jawa Tengah

Photo :
  • Agus S tvOne/ Relawan Rempala

Diketahui jika kebakaran tersebut masuk ke wilayah hukum Polres Semarang, tepatnya Polsek Getasan. Mengetahui hal tersebut, Kapolsek Getasan Iptu Ari Parwanto SH, MH beserta Personel Polsek Getasan dibantu Personel Koramil Getasan menuju ke lokasi titik api. Di lokasi titik api yaitu di Dsn. Sokowolu, Personil Polsek dan Koramil bergabung dengan relawan serta warga untuk melakukan pemadaman api.

Baca Juga  Dibantai Timnas Brasil U-17, Kaledonia Baru Dapat Dukungan dari Suporter Indonesia

Terkait penyebab terjadinya kebakaran, Kapolsek menyampaikan dimungkinkan dari gesekan ranting pohon pinus, ditambah cuaca cukup panas disertai angin kencang yang melanda di lokasi kebakaran sehingga mempercepat meluasnya titik api di area kebakaran.

Di lokasi terpisah Kapolres Semarang AKBP Achmad Oka Mahendra SIK. MM., menyampaikan bahwa, personel dari Polres siap dikerahkan untuk membantu pemadaman api di lereng gunung Merbabu.

“Saat ini Tim gabungan Polsek Getasan, Koramil Getasan, petugas TNGM, Relawan, BPBD dan warga terus berusaha melakukan pemadaman dan pemantauan. Dan apabila skala meningkat, Personel dari Polres Semarang akan diterjunkan untuk membantu tim gabungan di lokasi kebakaran,” kata Kapolres.

Halaman Selanjutnya

Penyebab kebakaran

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *