5 Negara yang Pelajari Bahasa Indonesia, Ada Ukraina!

5 Negara yang Pelajari Bahasa Indonesia, Ada Ukraina!

Jakarta – Kabar mengharukan datang dari UNESCO: Bahasa Indonesia ditetapkan sebagai Bahasa resmi dalam sidang umum mereka. Pemerintah Republik Indonesia (RI) mengusulkan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi, dan usulan ini akhirnya disetujui secara bulat pada tanggal 20 November 2023.

Baca Juga :

Indonesian Becomes Official Language of UNESCO General Conference

Dengan persetujuan tersebut, bahasa Indonesia resmi diakui sebagai bahasa ke-10 dalam Sidang Umum UNESCO. Berikut ini adalah informasi mengenai negara yang mempelajari bahasa Indonesia yang dilansir dari kanal YouTube Icon Of Indonesia:

Ilustrasi peta Indonesia.

Ilustrasi peta Indonesia.

Baca Juga :

Bahasa Indonesia Resmi Jadi Bahasa Konferensi Umum UNESCO, Netizen: Bangga Banget!

1. Kanada

Kanada, yang memiliki nama asli Dominion of Canada, adalah negara yang terletak di bagian paling utara Amerika Utara. Negara yang memiliki lambang daun maple ini juga termasuk negara yang mempelajari bahasa Indonesia. Kanada sendiri menggunakan dua bahasa resmi, yaitu bahasa Inggris dan bahasa Perancis.

Baca Juga :

Jokowi Bangga Bahasa Indonesia Jadi Bahasa Resmi di UNESCO

Pada bidang ekonomi, Kanada adalah negara maju yang memiliki pendapatan rata-rata yang tinggi. Karena itu, Kanada menjadi salah satu negara tujuan para pencari kerja internasional, termasuk yang berasal dari Indonesia.

Setiap tahunnya, para pekerja Indonesia di Kanada terus meningkat sehingga banyak kursus bahasa Indonesia yang bermunculan.

Selain itu, beberapa sekolah di Kanada juga memasukkan bahasa Indonesia pada kegiatan ekstrakurikuler muridnya, seperti yang ada pada sebagian taman kanak-kanak sampai sekolah tingkat menengah di kota Ottawa, Kanada.

2. Australia

Australia menjadi negara yang mempelajari bahasa Indonesia. Negara ini tidak hanya memiliki daya tarik wisata, namun juga menjadi negara favorit yang dituju oleh berbagai pelajar di dunia.

Sebagai negara yang berdekatan secara geografis dengan Indonesia, bahasa Indonesia menjadi mata pelajaran yang wajib diajarkan di beberapa sekolah ataupun perguruan tinggi karena dianggap penting untuk dipelajari.

Bahasa Indonesia pun berada di posisi keempat sebagai bahasa terpopuler di Australia. Salah satu sekolah yang mewajibkan mata pelajaran bahasa Indonesia adalah Canberra Grammar School, yang mengajarkan bahasa Indonesia selama 2 tahun kepada muridnya.  Oleh karena itu, sudah tidak heran lagi jika banyak orang Australia yang mahir berbahasa Indonesia.

3. Vietnam

Ilustrasi bendera Vietnam.

Ilustrasi bendera Vietnam.

Sebagai negara yang juga memiliki hubungan dekat dengan Indonesia, Vietnam menjadi salah satu negara yang mempelajari bahasa Indonesia dengan memperkenalkan bahasa Indonesia untuk dipelajari oleh masyarakatnya.

Untuk pertama kalinya, pengajaran bahasa Indonesia dibuka di dua tempat, yaitu Rumah Indo Pusat Promosi Indonesia di Hanoi dan Hanoi University, tepatnya di University of Social Science and Humanities Vietnam National University.

Semenjak dibuka di Hanoi, tercatat adanya peningkatan dari 129 orang menjadi 155 orang yang berminat belajar bahasa Indonesia, terutama dari kalangan mahasiswa.  Selain itu, tenaga pengajar bahasa Indonesia juga semakin banyak seiring bertambahnya jumlah pelajaran bahasa Indonesia.

Saat ini, bahasa Indonesia di Hanoi diajarkan dalam 3 level dari total 6 level, yaitu mulai dari level A1, A2, sampai B1. Hal ini tentu menjadi hal positif bagi Indonesia untuk terus dapat memperkenalkan lebih luas lagi bahasa Indonesia di Vietnam.

4. Ukraina

Drone mengibarkan bendera Ukraina di ibu kota Kiev.

Drone mengibarkan bendera Ukraina di ibu kota Kiev.

Photo :
  • AP Photo/Evgeniy Maloletka.

Ukraina merupakan negara terbesar di Eropa dengan luas total 603,55 km2. Ukraina menjadi salah satu negara yang mempelajari bahasa Indonesia karena negara ini tertarik dan menganggap bahasa Indonesia penting untuk dipelajari.

Baca Juga  PAN Tegaskan Alasan Tolak Gubernur Jakarta Ditunjuk oleh Presiden

Pada tahun 1997, program studi bahasa dan sastra Indonesia dibuka di Taras Shevchenko National University of Kyiv, namun sempat ditutup karena kurangnya sumber daya pengajar.

Pada tahun 2012, Taras Shevchenko National University of Kyiv kembali membuka program studi tersebut.

Meskipun awalnya pihak Indonesia pesimis, ternyata antusiasme anak muda di Ukraina untuk mempelajari bahasa Indonesia terbilang tinggi. Pemerintah Ukraina pun juga sampai membuka program beasiswa bagi mahasiswa asing yang ingin mempelajari bahasa Indonesia.

5. Jepang

Jepang terletak di kawasan Asia Timur yang memiliki beberapa julukan seperti Negeri Matahari Terbit, Negeri Sakura, serta Macan Asia. Negara yang populer dengan animenya ini juga menjadi salah satu negara yang mempelajari bahasa Indonesia.

Ketertarikan masyarakat Jepang terhadap budaya Indonesia yang kaya dan unik semakin ditunjukkan dengan besarnya minat masyarakat Jepang untuk mempelajari bahasa Indonesia.

Beberapa sekolah di Jepang telah menjadikan bahasa Indonesia sebagai salah satu mata pelajaran wajib bagi siswanya, begitupun universitas yang ada di Jepang seperti Tokyo University yang membuka program studi bahasa Indonesia yang ternyata banyak diminati dengan proses seleksi ujian masuknya yang cukup ketat.

Halaman Selanjutnya

Setiap tahunnya, para pekerja Indonesia di Kanada terus meningkat sehingga banyak kursus bahasa Indonesia yang bermunculan.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *