Sri Mulyani: Inflasi Kembali ke Sasaran, Lebih Cepat dari Perkiraan

Sri Mulyani: Inflasi Kembali ke Sasaran, Lebih Cepat dari Perkiraan

Losergeek.org.CO, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkap inflasi di Indonesia turun. Inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) turun dari 4,97 Year on Year (YoY) pada triwulan I 2023 menjadi 3,52 persen YoY pada triwulan II 2023. Angka inflasi tersebut kembali berada dalam sasaran 3 plus minus 1 persen. 

Inflasi kembali ke dalam sasaran lebih cepat dari prakiraan,” ujar dia di Kantor Otoritas Jasa Keuangan, Jakarta Pusat, pada Selasa, 1 Agustus 2023. 

Adapun inflasi inti terus melambat menjadi 2,58 persen YoY. Hal itu, kata Sri Mulyani, dipengaruhi oleh stabilnya nilai tukar rupiah, turunnya harga komoditas global, rendahnya dampak lanjutan dari inflasi volatile food, dan terkendalinya ekspektasi inflasi. Selain itu, inflasi kelompok administered prices menurun menjadi 9,21 perseb YoY seiring dengan pengelolaan harga energi domestik yang baik.  

Menurut dia, berbagai kebijakan telah dilakukan, di antaranya intervensi harga dan stabilitasi pasokan, dukungan Pemerintah dalam bentuk bantuan pangan, upaya fasilitasi dan pengawasan distribusi.

Serta penguatan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di berbagai daerah mampu mendorong tingkat inflasi volatile food turun menjadi 1,20 persen YoY.

Pengendalian inflasi pangan antara Bank Indonesia dan Pemerintah 

Iklan



Quoted From Many Source

Baca Juga  Perawatan Tepat saat Kesehatan Kulit Wajah Terganggu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *