Pakai Baju Para Raja Pakubuwono Surakarta Hadiningrat, Jokowi Sapa Warga di HUT RI ke-78

Pakai Baju Para Raja Pakubuwono Surakarta Hadiningrat, Jokowi Sapa Warga di HUT RI ke-78

Kamis, 17 Agustus 2023 – 09:29 WIB

Jakarta – Sebelum pelaksanaan Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada HUT RI ke-78 di Istana Merdeka, Presiden Joko Widodo menyapa masyarakat yang diundang hadir Istana.

Baca Juga :

Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Menag Gagah Pakai Busana Adat Jawa

Masyarakat sudah memenuhi tribun undangan yang telah disediakan di sisi pinggir depan Istana Merdeka Jakarta, Kamis 17 Agustus 2023. Para undangan juga menggunakan beragam baju adat.

Presiden Jokowi, yang menggunakan baju daerah Ageman Songkok Singkepan Ageng, menyempatkan menyapa masyarakat yang telah hadir. 

Baca Juga :

HUT RI ke-78, Presiden Jokowi Gunakan Baju Daerah Ageman Songkok Singkepan Ageng

Berjalan menyusuri tempat para undangan, Presiden Jokowi menyalami mereka. Tidak hanya itu, Kepala Negara juga melayani untuk berfoto bersama. Aktivitas ini sebenarnya kerap kali dilakukan oleh Presiden Jokowi setiap HUT RI. Walau dalam 2 tahun terakhir tidak bisa, karena pandemi COVID-19.

Dalam HUT RI ke-78 ini, Presiden Jokowi menggunakan baju adat daerah Ageman Songkok Singkepan Ageng. 

Baca Juga :

Putri Ariani Bakal Tampil di Istana Negara Rayakan HUT Kemerdekaan RI, Begini Persiapannya

Dalam keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden, Ageman ini dipakai oleh Para Raja Pakubuwono Surakarta Hadiningrat dalam acara Enggar Eggar soho Tedhak Loji, yang artinya saat dimana Raja keluar dari Keraton dengan menaiki kereta kuda, diikuti dengan perangkat keraton untuk terjun langsung melihat kondisi kawulo/masyarakat. 

Dalam pelaksanaannya, di sepanjang jalan Sang Raja membagikan uang dan makanan sebagai rasa cinta kasih kepada kawulonya atau bisa disebut dengan turuba (turun ke bawah).

img_title
Baca Juga  5 Cara Mengatasi Takut Gelap pada Anak yang Mudah dan Efektif



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *