Harga Makanan di Prancis Naik

Harga Makanan di Prancis Naik

Losergeek.org.CO, Jakarta – INSEE biro statistik nasional Prancis mempublikasi data terbaru yang memperlihatkan harga makanan dan minuman yang dijual di supermarket-supermaket di Prancis mengalami kenaikan 13,1 persen secara basis tahunan pada Juli 2023. Kenaikan harga juga terjadi pada daging dan minuman.

Dalam data yang dipublikasi itu, memperlihatkan harga daging naik sampai 11,3 persen dan minuman naik menjadi 10.1 persen. Sedangkan produk makanan lainnya mengalami kenaikan sampai 15 persen. Untuk produk-produk pembersih rumah dan kebersihan tubuh naik 9,4 persen.   

Pada bulan lalu, rata-rata inflasi tahunan di Prancis tercatat 4.3 persen atau turun dibanding pada Juli 2023 yang tercatat 4.5 persen. Inflasi rata-rata ini masih sejalan dengan prediksi dan tercatat yang terendah sejak Februari 2022. Inflasi dilaporkan melonggar karena penurunan harga energi dan kenaikan harga makanan dan produk manufaktur yang lebih moderat.

Sebelumnya pada bulan lalu, Pemerintah Prancis mengirimkan anggaran pengeluaran negara ke parlemen Prancis, yang membutuhkan adanya pemangkasan anggaran sebesar 4.2 miliar euro (Rp 70 triliun). Pemangkasan anggaran itu untuk pertama kalinya yang terbesar dalam hampir 10 tahun.    

Untuk 2024, Paris berencana menggelontorkan anggaran pengeluaran sebesar 428.8 miliar euro (Rp 7.186 triliun). Prancis pun menargetkan defisit anggaran sebesar 4.4 persen dari GDP pada 2024 atau turun 4.9 persen pada tahun ini. Pemerintah Prancis menargetkan defisit anggaran di bawah 3 persen seperti yang ditetapkan Uni Eropa sampai akhir pemerintahan periode kedua Presiden Prancis Emmanuel Macron pada 2027 mendatang.

Iklan

Perampingan anggaran pengeluaran ini sangat mendesak demi mengurangi beban utang negara yang sudah mencapai 111.6 persen dari GDP. Kebijakan penghematan sangat diharapkan demi mengurangi utang publik sampai 108.3 persen dari GDP pada 2027.   

Baca Juga  Ada Perbaikan Jalan, Jasamarga Transjawa Tol Himbau Pengendara Hati-hati Melintasi Tol Jakarta-Cikampek

Sumber: RT.com

Pilihan Editor: 5 Negara Ini Diprediksi Alami Resesi Ekonomi di 2023, Begini Situasi Suram Mereka

Ikuti berita terkini dari Tempo.co di Google News, klik di sini.       



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *