Durasi Hari di Mars Semakin Lambat

Durasi Hari di Mars Semakin Lambat

Kamis, 10 Agustus 2023 – 14:10 WIB

VIVA Tekno – Panjang hari di planet Mars semakin pendek tiga perempat milidetik setiap tahun saat rotasi planet berputar, menurut hasil baru dari pendarat InSight NASA (Badan Penerbangan dan Antariksa).

Baca Juga :

Kabar Gembira untuk Warga Bumi, Lubang Hitam Tak Bisa Melahap Alam Semesta

Hari standar di Mars atau yang disebut sol memiliki durasi 24 jam 37 menit. Tetapi mengukur panjang hari  hingga akurasi sepersekian milidetik telah mengungkapkan bahwa laju rotasi planet ini meningkat sangat kecil.

Ilmuwan planet tidak sepenuhnya yakin mengapa hal ini terjadi, tetapi kemungkinan terkait dengan redistribusi massa Mars, yang dapat berdampak pada rotasi planet seperti skater es yang menarik lengannya untuk berputar lebih cepat. 

Baca Juga :

6 Fakta Menarik Tentang Matahari, Ada Dering dan Ledakan di dalamnya

Redistribusi ini mungkin disebabkan oleh akumulasi es di tutup kutub Mars. Para ahli percaya permukaan yang berada di bawah gletser besar yang ada di garis lintang khatulistiwa selama zaman es terbaru di dunia, berakhir sekitar 400 tahun lalu.

Untuk mendapatkan pengukuran tingkat rotasi Mars yang sangat tepat, para ilmuwan menggunakan gelombang radio, melansir dari situs Space, Kamis, 10 Agustus 2023.

Baca Juga :

Pemerhati UFO Klaim Temukan ‘Pintu’ Alien di Mars

Planet Mars dan Bumi.

“Ini adalah eksperimen bersejarah. Kami telah menghabiskan banyak waktu dan energi untuk mempersiapkan percobaan dan mengantisipasi penemuan ini,” kata Sebastien Le Maistre, seorang ilmuwan planet di Royal Observatory of Belgiumm

Halaman Selanjutnya

Sinyal radio yang kuat diledakkan ke arah Mars oleh Deep Space Network NASA, terdiri dari tiga antena radio di seluruh dunia yang digunakan untuk berkomunikasi dengan misi antarplanet. 

img_title
Baca Juga  Kendaraan Listrik jadi Solusi Atasi Polusi Jakarta



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *