Ada Suara Mirip Ketukan Fenomena Alam di Madura, Ahli ITS: Akibat Banyak Gua Kars

Ada Suara Mirip Ketukan Fenomena Alam di Madura, Ahli ITS: Akibat Banyak Gua Kars

Losergeek.org.CO, Jakarta – Suara dan getaran yang diduga fenomena alam dirasakan oleh warga Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng, Sumenep, pada Sabtu, 12 Agustus 2023. Ahli menyebut fenomena itu berkiatan dengan banyaknya gua kars atau kawasan batu gamping di Jawa Timur, termasuk di wilayah Pulau Madura.

Ahli Geologi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Amien Widodo mengatakan batuan yang membentuk Jawa Timur sampai Pulau Kangean banyak terdiri dari lapisan batu gamping atau kars yang tebal. 

Lapisan batu gamping itu sebagian tersingkap di Jawa Timur bagian utara, yakni Pulau Madura sampai Kangean. Sebagian lainnya tersingkap di bagian selatan atau pegunungan selatan Pulau Jawa yang membentang dari Banyuwangi sampai Jawa Tengah.

Menurut Amien, lapisan batu gamping itu muncul di permukaan atau kedalaman dangkal. Sehingga, lapisan batu gamping akan larut oleh air dan membentuk topografi kars.

“Akibatnya, ada banyak gua, lubang di tanah (sinkhole), bukit-bukit kerucut, sungai bawah tanah, dan lain-lain yang muncul,” kata Amien saat dihubungi Tempo, Senin, 14 Agustus 2023.

Baca juga: SK Inpassing Terbit, Guru Madrasah Non-ASN Kini Bisa Miliki Tunjangan Layaknya ASN

Ahli ITS menduga suara ketukan dari lapisan batu gamping

Amien pun mengaitkan hal itu dengan aktivitas penambangan atau penggalian di sekitar wilayah yang memiliki banyak lapisan batu gamping seperti Jawa Timur. Menurut dia, aktivitas seperti itu bisa menyebabkan suara ketukan muncul dari bawah tanah.

Iklan

“Misalnya jika ada aktivitas penggalian sumur dekat dengan gua di sana, maka bisa terdengar suara (ketukan) itu,” ucap dia. 

Menurut Amien, ada banyak gua di Jawa Timur. Seperti Tuban, Bangkalan, Sumenep hingga Pamekasan. Namun, ada sebagian gua yang letaknya masih di dalam.

Baca Juga  Megawati Minta Juru Kampanye PDIP Tak Caci Maki Pihak Lain

“Sumenep juga ada, namun belum terbuka, masih di dalam,” papar Amien.

 Amien mengatakan perlu dilakukan scanning terhadap bunyi-bunyi itu agar bisa dipastikan penyebabnya.

Pilihan Editor: Cerita Azka, Lulusan SMK yang Kini Sukes Jualan Sari Lemon Beromset Rp 100 Juta

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *