6 Tips Memilih Mobil Pertama, Jangan Terbawa Nafsu!

6 Tips Memilih Mobil Pertama, Jangan Terbawa Nafsu!

Losergeek.org.CO, Jakarta – Jika berniat membeli mobil untuk pertama kalinya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat hendak memilih dan membeli mobil pertama. Sebaiknya jangan terbawa nafsu, dan perhatikan budget atau anggaran, kebutuhan, hingga preferensi.

Selain itu, penting juga untuk melakukan riset terkait mobil pilihan. Baik dari segi fitur maupun tampilan fisiknya. Dengan demikian, Anda tidak akan salah memilih kendaraan dan tidak akan menyesal di kemudian hari.

Dikutip Tempo.co dari situs resmi Suzuki hari ini, Kamis, 17 Agustus 2023, berikut tips memilih dan membeli mobil pertama:

1. Sesuaikan dengan Budget

Menentukan anggaran yang sesuai adalah langkah pertama yang krusial dalam memilih dan membeli mobil. Sebab, setiap orang memiliki keterbatasan finansial yang perlu dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Jadi, selalu sesuaikan harga mobil pilihan secara realistis dengan budget. Jangan memaksakan diri membeli mobil yang harganya terlalu mahal, dan hindari godaan untuk membeli mobil dengan harga terlalu murah tanpa mempertimbangkan fiturnya.

2. Sesuaikan Tipe Mobil dengan Kebutuhan Berkendara

Selanjutnya, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan berkendara Anda sehari-hari sebelum memilih tipe mobil. Tipe mobil sendiri ada bermacam-macam, mulai dari city car, hatchback, mobil sport, SUV, sedan, dan lain-lain.

3. Perhatikan Harga Jual Kembali

Meskipun sedang membeli mobil untuk pertama kalinya, tetap pertimbangkan nilainya jika hendak dijual kembali. Hal ini sebagai antisipasi jika nanti hendak menjual mobil tersebut dan menggantinya dengan yang baru.

Mobil dengan reputasi yang baik dan permintaan yang tinggi di pasar umumnya akan memiliki harga jual kembali yang lebih baik. Jadi, pilihlah mobil yang hingga beberapa tahun ke depan diprediksi masih akan populer.

Baca Juga  Jalan Terjal Menanti, Fajar/Rian Tebar Ancaman Jelang Tempur di Kejuaraan Dunia 2023

Iklan

4. Periksa Fitur Keamanan Berkendara

Fitur keamanan berkendara adalah hal yang tidak boleh diabaikan dalam memilih mobil pertama. Pastikan mobil yang dipilih dilengkapi dengan teknologi dan fitur-fitur penting terbaru.

Seperti misalnya sistem pengereman anti-lock (ABS), kontrol stabilitas (ESC), airbag untuk pengemudi dan penumpang, dan lain-lain. Fitur-fitur ini membantu mencegah kecelakaan atau mengurangi resiko cedera jika terjadi tabrakan.

5. Cek Kelengkapan Dokumen

Khusus pembelian mobil second, pastikan telah memeriksa kelengkapan dokumen mobil yang akan dibeli terlebih dahulu. Pastikan terdapat STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) asli.

6. Lakukan Test Drive

Sebelum mengambil keputusan akhir, selalu lakukan test drive untuk merasakan langsung bagaimana mobil tersebut beroperasi di jalan. Selama test drive, perhatikan berbagai aspek, seperti performa dan respon mesin.

Pilihan Editor: Pertamina Mandalika Diperkuat Pembalap Baru pada Moto2 Austria 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *